Sabtu, 13 Desember 2014

Kunjungan Edukatif 2

Catatan Kegiatan Siswa Kelas 4-6

Kunjungan Edukatif 1  link nya disini.  Nah ini yang bagian kedua, untuk kelas 4-6.  Sayangnya yang terlaksana baru kelas 5 saja., yakni ke Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim.  Tulisan ini terkategori late post yah, karena kegiatannya sudah berlangsung bulan november yang lalu.

Alhamdulillah kami disambut dengan baik oleh pihak Dinas Kesehatan, yang menyatakan biasanya Dinkes lah yang mengunjungi sekolah-sekolah, namun kali ini justru sekolah yang berkunjung ke Dinkes.  So far, kami tercatat sebagai sekolah pertama yang berkunjung ke Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim.

Kunjungan bertujuan mendapatkan informasi tentang lembaga permerintah yang membantu dalam bidang kesehatan.  Pada saat kedatangan kami disambut oleh Ibu Vivi Mariani, SApt, dan beberapa staff lain mewakili Kepala Dinas Kesehatan yang saat itu sedang menghadiri Rapat Paripurna di DPRD Kabupaten Muara Enim.



Dalam kesempatan itu Bu Vivi juga menyampaikan tentang struktur dan tugas Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim, lengkap dengan pejabatnya.  Setelah itu dilanjutkan oleh Kasi Pelayanan Masyarakat dan penyuluhan, dengan  penjelasan tentang gizi seimbang, gerakan cuci tangan pakai sabun, dan cara membersihkan gigi dan mulut.



Setiap sesi penjelasan para pemateri memberikan doorprize untuk setiap siswa yang dapat menjawab pertanyaan.  Kemudian di sesi akhir ada fun games ular tangga raksasa yang sangat menarik. Pertanyaannya seputar kesehatan dan gizi seimbang.  Games ini sangat cocok untuk siswa, karena melatih motorik, afektif dan kognitif sekaligus.  Siswa bergerak sesuai angka yang didapat, bergeser naik-turun jika jawaban pertanyaannya tepat, melatih kejujuran, sportifitas dan kekompakan tim dalam bermain dan bersosialisasi, serta menambah pengetahuan lewat pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.  Dan yang pasti..ada hadiahnya loooh...




Sungguh kami mengucapkan terimakasih tak terkira kepada pihak Dinas Kesehatan Kabupaten muara Enim yang telah membantu kami mendidik para siswa dengan pengetahuan secara langsung, tidak hanya membayangkan di dalam imajinasi apa dan bagaimana tugas dan kegiatan lembaga-lembaga pemerintah di tingkat Kabupaten.  Semoga dapat menambah wawasan para siswa. dan meningkatkan pemahaman mereka untuk menjaga kesehatan, dimulai dari diri mereka sendiri.

Untuk kunjungan edukatif siswa kelas 4 sayang sekali tidak dapat terlaksana karena tempat yang kami tuju yakni PT Tanjung Enim Lestari yang bergerak dalam pengolahan kayu menjadi bubur kertas, beberapakali terpaksa menjadwal ulang namun karena aktivitas perusahaan dan jadwal kegiatan akademis di SDIT belum pas, akhirnya....ditunda dulu ya..semoga tahun depan dapt terlaksana.  Sekarang kita siap-siap mengikuti Ulangan Akhir Semester ya anak-anak...Semoga Sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar