Selasa, 31 Desember 2013

OPI Water Fun


Hari Sabtu-Ahad tanggal 28-29 yang lalu Alhamdulillah Allah berikan kesempatan refreshing ke Kota Palembang. Menginap di Hotel berbintang dan berwisata air di Water Fun di kawasan Ogan Permata Indah (OPI) yang terletak di daerah Jakabaring.  Seorang teman berbaikhati mengajak kami berwisata kesana (makasih banget yaaaa, semoga Allah balas dengan kebaikan berlipatganda). Sungguh tiada yang pantas diucapkan selain  Memuji dan Mengagungkan Ke-MahaKuasaan-Nya atas segala sesuatu.  Sungguh, tak pantas mengingkari dan mendustakan nikmat yang tak putus-putusnya telah Ia berikan. Subhanallah. Alhamdulillah. Allahu Akbar.

Hari Sabtu kami berangkat pagi dan sampai di Palembang sekitar pkl 13.00 siang, langsung check in di hotel Anugrah yang terletak di jalan protokol, Jl Jendral Sudirman.  Jika sungai Musi membelah kota Palembang menjadi Sebrang Ulu dan Sebrang Ilir, maka jalan  ini adalah jalur utama yang membelah kota Palembang dengan memotong sungai Musi melalui jembatan Ampera, dan pada awalnya merupakan jalur utama menuju provinsi tetangga.  Namun seiring makin padatnya kendaraan yang melintas pemerintah kemudian membangun jalur alternatif yakni melalui Jembatan Musi II. 

Menginap di hotel tentu memberikan sensasi yang berbeda buat anak-anak.  Sehari-hari tinggal di rumah membuat acara menginap di hotel jadi kegiatan hunting yang menyenangkan sekaligus malu maluin hehe.. bagaimana tidak, mereka berfoto di banyak sudut hotel, mencoba naik turun tangga bahkan naik turun lift demi sebuah foto.  Orang yang bertemu pun hanya senyam senyum aja lihat mereka. Tapi jadinya mereka gak gaptek kayak emaknya nih, gak bisa buka pintu kamar yang pake kartu gitu (ssst, jangan bilang-bilang ya..)




Hotel Anugrah merupakan salah satu hotel berbintang 2 di kota Palembang.  Terletak di tengah kota, membuat hotel ini dekat dengan banyak fasilitas yang dibutuhkan, seperti Bandara, Mall Palembang Square, International Plaza, Palembang Indah Mall, Hypermart, atau Gramedia, bahkan Rumah Sakit. Juga dekat tempat-tempat wisata seperti Jembatan Ampera dan Masjid Agung, Benteng Kuto Besak, Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) dan Museumnya, atau juga ke Punti Kayu dan Taman Wisata Sejarah Bukit Siguntang.

Pagi Ahad selesai sarapan di kafe hotel, kami check out dan langsung berangkat menuju Water Fun OPI di Jakabaring.  Perjalanan tak lama, hanya sekitar 20 menit saja.  Alhamdulillah jalanan pukul 9 pagi melalui jembatan Ampera sangat lancar. Menuju ke sana memang belum ada angkot khusus, jadi pengunjung harus membawa kendaraan sendiri. Namun tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk para pengunjung.

Water Fun  OPI terletak di kompleks Ogan Permata Indah (OPI) jalan Gubernur H.A Bastari, Jakabaring Palembang.  Tempat rekreasi wahana air ini dibuka untuk umum awal tahun 2011 lalu.  Meski sering  ke Palembang, kami belum pernah datang kesini.

Banyak fasilitas bermain air yang tersedia.  Ada 9 wahana, diantaranya Kiddie Pool, kolam anak dengan berbagai bentuk dan ukuran perosotannya dan Rainbow Castle. Ada Slide Tower, Dolphin Pool,  Adventure River dan Splash Zone. Yang pertamakali dicoba adalah kolam arus yang keren dan asyik. Oh ya, sebelumnya kami berganti pakaian di kamar ganti dan menyimpan pakaian di loker berkunci yang tersedia.

Setelah dua kali putaran di kolam arus, rombongan mulai berbagi menuju tempat favoritnya masing-masing.  Yang remaja mencoba bermacam slide tower dan splash zone, juga kolam yang kedalamannya tak lebih dari 1,2 m saja.  Uminya tentu saja nemani yang kecil-kecil.  Sebetulnya sudah besar sih, sudah kelas 5 dan 7, tapi karena uminya yang khawatir jadi didampingi sekalian foto-foto juga.




Soal kebersihan dan safety, alhamdulillah waterfun ini oke juga. Petugas kebersihannya hilir mudik membersihkan, tempat sampah pun tersebar di banyak tempat.  Petugas penjaga wahana selalu siap siaga.  Yang terlihat paling tidak ada 2 di setiap wahana. Juga setiap 10 menit pengunjung selalu diingatkan melalui pengeras suara untuk selalu menjaga anggota keluarganya terutama anak-anak. Pengelola juga menyewakan aneka pelampung dalam jumlah banyak.

Saat lapar dan ingin istirahat,  banyak gazebo untuk tempat mangkal disini. Juga tersedia food court yang menyediakan berbagai makanan dan minuman, pegawainya siap mengantar atau mengambil kembali dari gazebo. Seperti lazimnya di tempat wisata harga makanan tentu saja lebih tinggi dari biasanya.  Tetapi di kawasan ini pengunjung dilarang membawa makanan sendiri dan akan diperiksa di pintu masuk saat memeriksa tiket. 


Water Fun OPI ini juga sebenarnya menyediakan paket-paket hiburan untuk anak sekolah,  pesta ulang tahun, family gathering, atau standing party bagi yang membutuhkan. Juga pada saat liburan ada diskon khusus untuk member atau pemegang kartu BNI.  Seperti kami kemarin, mendapat diskon beli 2 tiket gratis 1 karena sang teman yang baik hati ini membayarnya menggunakan  BNI card.

Hari beranjak siang.  Anak-anak jika dibiarkan tak ingin berhenti bermain air.  Namun kami harus bersiap pulang, karena perjalanan kembali ke Muara Enim cukup jauh.  Apalagi jika jalan sore hari sudah akan banyak truk-truk batubara yang memenuhi jalan.  Maka mau tak mau main airnya cukup dulu ya..

Selesai membilas diri di kamar mandi yang bersih dan airnya lancar, kami melaksanakan sholat jama’ zuhur dan ashar di musholla yang terletak di sebelah food court. Mushollanya bersih dan cukup  luas dengan banyak toilet dan tempat wudhu.  Baru kemudian bersiap pulang.  Sekitar pukul 15 sore kami berangkat.  Alhamdulillah, sampai di rumah dalam keadaan senang.  Terima kasih Ya Allah atas segala nikmatMu.



1 komentar: