Minggu, 03 November 2013

Pak Sopir


Menjelang sore datang ke loket travel, aku langsung disambut mbak nya dengan senyuman hangat

”Mau balik ke muara enim ya umi..”
“Iya nih mbak, ada gak yang langsung mau berangkat sekarang.”Kulirik jam di dinding, pukul 3.
“Ada sih, tapi udah penuh, kenapa gak telfon dulu tadi umi”
“Iya, soalnya belum tau jam berapa bisa datang kesininya, takutnya udah pesen jam 3 gaktaunya belum nyampe kesini...jadi jam berapa yang masih ada mbak..?”
“Jam 4 juga penuh. Adanya jam 5 Umi, gimana”
“Yah, lama juga nunggunya’
“Gakpapalah, biasanya belanja dulu ke gramedia umi.”

Hehe, tau aja si mbak. Emang biasanya kalo nunggu jam berangkat aku suka main dl ke gramed yg gak jauh dari loket ini.  Tapi setelah mempertimbangkan isi kantong (dompet gak usah ditengok ya J ) aku memutuskan menunggu disini aja.. soalnya kalo sudah di toko buku suka lupa lihat kantong sih..

Sembari menunggu aku memperhatikan orang-orang yang lalu lalang.  Ada yang pesan tiket, ada yang kirim paket, ada yang mengambil kiriman, ada juga yang menunggu seperti aku.  Lalu aku juga memperhatikan sopir-sopirnya. Macam-macam deh penampilannya, ada yang santai pake t-shirt n celana sampe lutut, ada yg pake kalung, ada yang pake kemeja lengan panjang, ada yg pake sendal jepit, itu yang tadi celananya selutut. Nah kalo yang pake kemeja, orangnya rapi, pake sepatu lagi...hei,hei.. aku ngapain nih..haha kurang kerjaan banget.

Tapi terkadang aku juga merasa perlu memperhatikan penampilan sopir untuk mobil yang akan kutumpangi, walaupun ya tetep aja gak bsa milih.  Paling engga aku tau siapa berangkat jam berapa, jadi bisa menyesuaikan (hoho..maksudnya???). Paling enak kalau dapat sopir yang rapi.  Dua minggu lalu waktu berangkat ke palembang sopir kami pake batik, pake sepatu, tidak merokok, bicaranya sopan, bawa mobilnya enak, dan lagu yang disetelnya sesuai untuk telinga emak-emak (maksudnya bukan yang bikin jantung berdentam-dentam gitu loh..)

Ga enak banget kan jalan jauh kalo sopirnya merokok di mobil ber- ac, bawa mobilnya ngebut, lagunya house music yang berisik gitu, belum lagi kalo ngebayangin kejahatan yang bisa terjadi dalam mobil travel..aduh..jangan sampe deh

Naah sekali ini sopirnya masih muda en pake kalung rantai panjang. Lagu yang disetelnya lumayanlah, aku juga ga ngerti kok. Yang penting ga bikin jantung dagdigdug.  Separuh jalan, sampai di Prabumulih, semua penumpang lelaki yang tampaknya mahasiswa turun, tinggal kami bertiga, ibu-ibu paruh baya semua. Baru sebentar mobil jalan, tiba-tiba terhenti. ternyata mobil di depan sudah berderet panjang.  Macet. Kami mengisi waktu ngobrol bertiga.   

Pak sopir asyik bertelepon ria, sambil mengomeli pemerintah daerah yang katanya tidak tegas terhadap truk-truk pengangkut batubara yang bikin macet jalan.  Jalan lintas sumatera yang hanya 2 jalur ini terasa makin sempit saat truk-truk batubara dan tronton pengangkut kayu gelondongan ikut melintas di malam hari. Apalagi saat weekend begini.  Kalo ga kepepet males rasanya jalan malam hari.  Belum lagi kalo truk tersebut terguling karena jalan berlubang atau kelebihan muatan. Jadilah kami disini terhenti.  Untuk menghemat bensin pak sopir mematikan mobil plus ac nya juga.hehe.  selesai menelepon kami ajak ia ngobrol.

“Aslinya mana dek’.  Ia menyebutkan nama satu desa yang  aku ga tau itu letaknya dimana.
“Putranya berapa?”
“Kalo putra belum ada bu, anak saya 3 putri semua.  Dua dari istri pertama, 1 dari istri kedua”katanya
Ha?? Aku dan ibu disebelahku saling pandang.
“Masih muda istrinya sudah 2 ya?”
“Oo, istri saya 3 bu, yang sekarang belum ada anak, baru 2 bulan nikahnya” katanya enteng

Hah??!! Kami saling pandang lagi. Kali ini pake tanda seru!

“Saya pingin anak lelaki bu, makanya nikah lagi,” katanya seolah tau tanda tanya kami
“Tapi kan bisa tambah anak aja lagi, ga usah tambah istri” (hehe)
“Habis yang ke 3 ini ngintilin terus bu, saya bolak-balik seharian di jalan tiap akhir minggu dianya ngikut. Padahal saya  sudah bilang punya 2 istri, masih aja. Daripada jadi fitnah kan ya, mendingan saya nikahin deh. Tapi saya tanggungjawab kok sama istri dan anak.  Semuanya akur kok..”katanya.

Oo, begitu ya.... Memang tadi kami juga mendengar ia menelepon istrinya, menanyakan kondisi anaknya yang sedang demam. Tiba-tiba aku teringat kata-kata yang suka kudengar di tv, kejahatan itu bisa muncul karena ada kesempatan, waspadalah...Tapi ini kejahatan bukan ya. Kata ibu disebelahku, "Kasihan ya istrinya yang pertama, pasti tersiksa"

Lantas telepon pak sopir bunyi lagi. Dia cerita lagi sama yang disebrang. “Iya nih lagi macet.  Coba aku punya istri disini bisa istrahat dulu aku nih, penumpang ku-oper aja sama kau yah..”katanya sambil tertawa.

Kami saling pandang lagi, sambil  geleng-geleng kepala...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar